Alasan Mengapa Batu Alam Marmer Menjadi Sangat Mahal

Sebelum kita membahas tentang mengapa batu marmer menjadi sangat mahal, kita ketahui dulu apa itu batu marmer dan spesifikasi lainnya.

Pengertian Batu Marmer.

Batu marmer

batu alam marmer

Batu marmer termasuk dalam batuan jenis “lime” yang bermetamorfosis. Batu-batuan marmer ini adalah sendimentasi dari bebatuan yang terbentuk oleh peninggalan inorganik. Batu marmer telah bernilai tinggi sejak masa lampau karena memiliki warna-warni yang sangat unik dan spesial. Warna-warna dan motif inilah yang akan membuat penampilan yang lebih elegan.

Marmer ini biasanya digunakan sebagai material penutup lantai yang berada dilapisan paling atas. Harga batu ini dipasaran memang relatif mahal dibandingan dengan batu pelapis lantai lainnya. Tentu saja karena batu ini memiliki tampilan yang lebih memikat. Marmer juga memiliki ukuran yang besar dan memiliki karakter yang mengilap.

Bentuk awal dari marmer adalah berupa bongkahan yang kemudian dipotong-potong dan kemudian dihaluskan. Setelah membentuk lembaran-lembaran tertentu sesuai kebutuhan pasar lalu di siap di distribusikan.

Ukuran batu marmer di pasaran

Biasanya batu marmer dibentuk dalam ukuran 10 cm x 20 cm, 10 cm x 30 cm, 10 cm x 40 cm, 20 cm x 40 cm, 40 cm x 40 cm, 40 cmm x 60 cm, dan 60 cm x 60 cm. Jika memerlukan ukuan khusus juga tersedia dalam pesanan custom, tinggal menghubungi showroom yang terpercaya. Ketebalan batu marmer di pasaran 1,5 – 2 cm untuk aplikasi di lantai atau dinding dan 3 cm jika ingin mengaplikasikan untuk top meja makan atau top table dapur, tergantung selera.

Permukaan marmer memiliki memiliki motif yang unik dan natural karena terbentuk dari proses yang alami. Selain itu, batu marmer juga merupakan jenis batuan yang tahan terhadap api dan lebih mampu untuk menahan betat jika dibandingkan dengan jenis penutup lainnya.

Selain untuk lantai, keindahan motif dari batu marmer juga sering dimanfaatkan sebagai elemen utama pada dinding, meja, dan kursi. Batu marmer bisa masuk kedalam semua dekorasi, baik interior maupun ektserior.

Faktor lain yang membuat batu marmer menjadi banyak diminati adalah karena permukaan yang halus dan bisa lebih mengilap ketika dipoles. Selain itu, batu marmer juga memiliki porositas yang kecil, jadi juga cocok jika digunakan di bidang eksterior. Karena akan lebih tahan terhadap cuaca dan menghambat pertumbuhan jamur dan lumut.

Harga batu alam marmer sekitar 4 – 15 juta per meter persegi, sudah termasuk biaya instalasi (tergantung pada pemilihan warna dan penampilannya). Semakin tinggi kualitas dari batu marmer yang anda pilih, maka perlu merogoh kocek yang lebih dalam lagu.

Batu alam marmer di golongkan kedalam 3 jenis, yaitu marmer local, marmer china, dan marmer luar. Beberapa jenis marmer ini juga dibedakan lagi menjadi beberapa berdasarkan kualitas. Misalkan marmer local kw1, marmer local kw2, dan marmer local kw3. Begitu juga untuk jenis marmer china dan marmer luar. Sedangkan dari warna, batu marmer hadir dalam warna abu-abu, krem, dan putih kekuningan.

Selain alasan-alasan tersebut, alasan lain yang membuat batu marmer menjadi mahal adalah;

  • Proses pembentukan yang unik dan sulit. Bahan baku dari pembuatan batu marmer sendiri memang sudah mulai langka. Selain itu, sebelum mampu dikirim ke showroom-showroom di kota-kota, batu alam perlu melewati berbagai langkah pemotongan di parbrik yang juga berat. Karena batu marmer tergolong dalam batuan keras, maka perlu cukup tenaga yang kuat.
  • Keseragaman warna dan motif marmer. Batu marmer tidak hanya berasal dari satu tempat saja. Hal inilah yang mendasari keberagaman dari motif-motif batu alam tersebut. Inisiatif dan perkiraan produsen lah yang akan menentukan motif apa saja yang kira-kira dicari para konsumen dan akan laku dipasaran.
  • Produk dalam negeri bisa menjadi lebih mahal. Tidak semua barang yang berasal dari luar negeri memiliki kualitas yang terbaik. Belum tentu juga barang dari dalam negeri memiliki kualitas yang kurang.
  • Tekstur yang ekslusif. Batu marmer akan menjadi lebih indah dan mahal ketika permukaan batunya semakin halus dan motif pada batu marmer sendiri makin langka. Hal ini sangat biasa dalam dunia pasar dimana ada kualitas disitu ada harga.
  • Pemasangan sulit, jika rusak harus diganti. Gampang-gampang susah jika kita hendak memasang batu alam marmer. Hal ini di sebabkan lantai marmer bisa pecah. Material pembentuk lantai marmer juga sangat reaktif terhadap larutan yang besifat asam, sehingga ketika terkenai asam lantai marmer akan rusak.Saat lantai marmer pecah dan berlubang, kita tidak bisa memperbaikinya, mau nggak mau kita harus menggantinya dengan yang baru.

Tips dan trik pemasangan batu alam marmer ;

batu marmer

pemasangan batu marmer

Untuk pemasangan batu alam marmer sama seperti memasang pada keramik biasa. Bagian celah atau rongga pada batu permukaan mozaik harus di isi adonan semen putih. Hal ini berfungsi agar batu alam mampu merekat dengan kuat satu sama lain dan tidak mudah lepas.

Selanjutnya, rongga pada batu alam yang sudah di isi semen tersebut lalu di lap dengan kain lembab saat semen masih dalam keadaan basah. Ini  juga dimaksudkan agar permukaan batu alam tidak terkesan datar tetapi sedikit menonjol dan tampil lebih dinamis.

Sekian dulu beberapa alasan kenapa batu marmer menjadi sangat mahal. Karena ada kualitas disitu ada harga. Semoga menambah referensi kamu 🙂

Website Lain CV. Sinergi Stone :

 Jualbatualam.net

– batupalimanan.com

– http://batuandesit.info

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
  • (BBM : D41249E8)
  • Email : sinergistone65@gmail.c1om

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami
Sponsored :  batu andesit