Cara Ampuh Membersihkan Batu Alam!

Material batu alam sudah menjadi primadona bagi masyarakat indonesia baik dari kalangan menengah maupun kalangan atas. Batu alam pun semakin banyak pilihannya, sampai akhirnya muncul versi murah dari batu alam yaitu keramik batu alam. Tentu berbeda baik dari segi harga, kualitas, model, cara merawat, dan cara membersihkan batu alam nya. Material ini banyak di minati karena bisa memberikan kesan natural, sejuk, dan mewah pada setiap ruangan. Beberapa orang juga menilai bahwa dengan harga yang mahal juga akan memberikan hasil yang maksimal.

Harga keramik batu alam lebih terjangkau daripada batu alam asli. Karena material keramik batu alam terbuat dari tanah liat yang di cetak dan dikeringkan, bukan dari batu alam asli. kesan yang ditampilkan bisa saja sama, tetapi untuk ketahanan pasti berbeda. Cara perawatannya juga berbeda.

Material batu alam merupakan material yang minim terhadap perawatan, tetapi bukan berarti tidak harus dibersihkan. Karena tentu akan banyak debu dan kotoran yang menempel dan mengerak jika dibiarkan terlalu lama. Disilah pentingnya membersihkan batu alam secara rutin untuk mencegah tumbuhan jamur dan lumut yang akan merubah penampilan batu alam.

Perawatan batu alam tidak terlalu susah dan boros karena setidaknya perlu 8 bulan atau 1 tahun sekali untuk mengecek keadaan batu alam tersebut.

Berikut beberapa cara membersihkan batu alam;

1.Pembersihan batu alam dengan di cuci
cara membersihkan batu alam

Cara Membersihkan Batu Alam

Jenis batuan yang padat keras seperti batu alam andesit mampu bertahan hingga satu tahun dari awal pemasangan. Jika batu andesit terlihat kusam, kotor, dan berdebu anda bisa membersihkannya dengan air dan lap basah. Jika kotoran sudah terlalu membandel bisa juga di sikat dan menggunakan sabun atau detergen atau cairan ringan lainnya yang tidak akan berbahaya bagi batu alam.

2. Menggunakan cairan khusus

Pada batu alam yang padat dan keras, seperti batu andesit, batu tempek, tidak jarang akan gampang ditumbuhi jamur dan lumut jika tidak segera di atasi. Cairan khusus yang biasa dipakai bisa menggunakan Porselen. Jika memang belum bekerja secara maksimal, bisa menggunakan air keras yang sudah dicampur dengan air biasa, lalu batu alam digosok menggunakan sikat. Setelah selesai jangan lupa untuk dibilas e dengan air sampai bersih. Setelah kering sempurna anda bisa melakukan proses coating kembali.

3. Menggunakan Amplas

Untuk jenis batuan yang lunak, proses peng amplasan bisa dilakukan untuk membersihkan batu alam yang mengalami pelapukan yang sudah lama dan membandel. Proses penngamplasan ini dilakukan ketika batu alam sudah dalam keadaan kering. Caranya adalah dengan amplas batu tersebut berkali-kali hingga permukaan yang mengalami pelapukan hilang. Setelah itu jangan lupa untuk mencuci batu alam terseut dengan menggunakan spons yang halus agar tidak merusak permukaan batu Anda.

4. Membersihkan batu alam lantai
Hasil gambar untuk cara membersihkan batu alam

Membersihkan batu alam lantai

Membersihkan batu alam pada lantai garasi atau carpot sama halnya dengan membersihkan batu alam lainnya.  Yaitu dengan menggunakan cairan pembersih porselen dan sikat. Akan tetapi jika perawatan tidak dilakukan dalam kurun waktu tertentu, maka kerak akan makin membandel dan kerak tersebut sulit untuk dihilangkan. Setelah itu bisa dicek apakah coating sudah mengelupas atau belum. Jika ternyata sudah mengelupas maka ketika batu alam sudah di bersihkan Anda dapat melakukan coating ulang dengan jenis coating yang sama pada awal pemasangan batu alam.

5. Membersihkan dengan kawat atau kuningan

Untuk batu alam yang bertekstur padat dan keras, atau yanng memiliki permukaan kasar serta pori-pori besar dapat dilakukan dengan cara menggosoknya. Menggosok batu alam tersebut dibantu dengan sikat kawat atau kuningan, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan tekstur permukaan si batu alam tersebut. Namun untuk batu alam yang berkarakter halus dan lunak, untuk membersihkannya anda dapat menggunakan sikat berbulu plastik supaya tidak merusak batu alam tersebut.

6. Hindari bahan kimia !

Penggunaan larutan pembersih untuk membersihkan batu alam sebaiknya dihindari. Karena tidak semua batu alam memiliki daya tahan yang baik terhadap cairan kimia. Untuk itu Anda dapat menggunakan detergen berwarna netral atau pun sabun. Selain sabun Anda juga dapat memanfaatkan campuran air dengan tepung soda untuk membersihkan bagian permukaan yang kotor.

Treat untuk membersihkan batu alam berbeda-beda untuk setiap kasusnya. Tergantung dengan seberapa membandel tingkat kotorannya. Untuk menghindari kotoran yang banyak tentu perlu di lakukan pembersihan secara berkala. Karena batu alam khususnya  yang digunakan pada outdoor akan langsung terkena debu, air hujan, dan matahari secara langsung, jadi perlu untuk melakukan pembersihan secara berkala.

Sekian cara membersihkan batu alam, semoga menambah referensi kamu yaa 🙂

Website Lain CV. Sinergi Stone :

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
  • (BBM : D41249E8)
    • Email : sinergistone65@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami
Sponsored :  batu andesit