Kenapa Harga Batu Alam Lebih Mahal Daripada Batu Bata?

Penggunaan batu alam sekarang ini sudah menjadi primadona sebagai elemen bahan bangunan. Utamanya batu alam digunakan untuk melapisi dinding, lantai, pagar, carport dan lainnya. Dengan harga batu alam yang cukup mahal,bagi yang memiliki uang lebih itu tidak menjadi masalah. Karena dengan pemasangan batu alam akan membuat tampilan rumah menjadi sangat epic. Itu hal yang bisa dinikmati berpuluh-puluh tahun. Karena dengan harga yang mahal, batu alam juga memberikan yang terbaik.

Penggunaan batu alam tidak jauh beda dengan penggunaan batu bata. Cara pembangunannya sama, pembuatan kerangka pondasi dan sistem kontruksi juga sama. Selayaknya ingin membangun rumah atau bangunan yang nyaman dan aman.

Harga batu bata tentu lebih terjangkau daripada menggunakan batu alam. Berikut harga batu bata per 2019 ;
batu bata

harga batu bata

  • Batako perbiji Rp3500,-
  • Batu bata merah (biasa) perbiji Rp750,-
  • Batu bata merah (oven) Rp900,-

Untuk harga batu alam bisa di cek di http://hargabatualam.net/cek-harga-batu-alam-terbaru/

Disamping beberapa kesamaan yang ada antara batu alam dan batu bata, ada beberapa perbedaan yang mencolok. Baik dari segi tampilan, ketahanan, dan perasaannya. Ini juga yang membedakan harga batu alam dengan batu bata. Kenapa batu alam bisa menjadi sangat mahal dan batu bata masih bisa terjangkau.

Batu alam dibuat secara alami oleh seleksi alam dan membutuhkan waktu yang lama. Lalu produsen membentuk atau menyesuaikan dengan permintaan pasar. Setelah rangkain proses sampai ke pabrik selesai baru di distribusikan ke pasar. Batu bata dibentuk dengan bahan utama tanah liat atau lumpur yang dicetak. kemudian dikeringkan lalu dibakar. Siap dipasarkan.

Jika rumah dengan menggunakan batu bata akan identik dengan warna merah kecoklatan dan abu-abu kehitaman. Biasanya dilapisi lagi oleh campuran semen dan pasir, lalu di lapisi oleh cat agar tampilan menjadi lebih cantik. Berbeda dengan penggunaan batu alam, ini bisa menghasilkan berbagai macam motif dan bentuk. Karena batu alam kaya akan motif dan bentuk yang berbeda-beda. Batu alam tidak perlu di lapisi kembali oleh semen dan atau cat untuk mempercantik tampilan.

Untuk teknik pemasangan, jika batu bata relatif lebih mudah karena memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Jika batu alam harus menyelaraskan setiap bentuk dan ukuran jika menginginkan ukuran yang berbeda. Tentu memerlukan ketelatenan dan ketelitian.

Kenapa harga batu alam lebih mahal daripada batu bata atau bahan bangunan lainnya?

Yaps. karena batu alam lebih membutuhkan perlakuan khusus dan untuk mendapatkan batu alam yang siap pasang juga memerlukan waktu yang serius. Selain itu, pemasanan batu alam juga membutuhkan tukang atau pekerja yang profesional dan berpegalaman. Tidak semua tukang bisa mengerjakan batu alam dengan baik dan benar.

Dengan harga yang mahal, tentu membutuhkan kehati-hatian juga dalam memasang. Namun ketika sudah jadi dan selesai memasang batu alam, rumah akan terlihat lebih natural dan alami.

Berikut beberapa manfaat menggunakan batu alam;

  • Batu alam memberian kesan yang alami dan natural. Seingga membuat suasana ruangan rumah menjadi lebih teduhu dan menenangkan.
  • Bisa diaplikasikan disemua jenis model rumah. Baik itu type modern, tradisional, dan type minimalis sekalipun.
  • Memiliki karakter warna yang sangat beragam. Sehingga bisa memilih warna sesuai dengan selera.
  • Batu alam merupakan material yang mudah di cari. Sekarang ini hampir semua toko bangunan atau showroom menyediakan berbagai jenis batu alam.

Jika menggunakan batu bata adalah cara untuk menampakan rumah dengan nilai yang tradisional dan elegan. Sebaliknya, penggunaan batu alam bisa menampakan sebuah rumah yang mewah dan indah. Kemahalan batu alam sesuai dengan kualitas dan tampilan yang dihasilkan setelah selesai pemasangan. Batu alam juga perlu di lapisi dengan cat khusus pelapis batu alam atau biasa yang disebut dengan istilah coating batu alam. Hal ini bertujuan untuk menjaga umur batu alam menjadi lebih tahan lama dan akan meminimalisir perawatan.

Baca ; http://hargabatualam.net/alasan-mengapa-batu-alam-marmer-menjadi-sangat-mahal/

Batu bata lebih ekonomis belum tentu memiliki kualitas yang jelek. Sampai sekarang masih banyak yang memilih menggunakan batu bata sebagai tampilan luar dan atau pondasi di dalam bangunan. Batu bata juga batuan yang keras dan padat, tapi tidak sekeras dan sepadat batu alam.

Jika batu bata hanya terdiri dari sedikit jenisnya, batu alam memiliki bermacam-macam jenis. Jenis itu juga dibedakan tergantung darimana batu itu berasal, jenisnya yang batu lunak atau batu keras. Beda juga di tingkat keporosan atau pori-pori batunya. Jenis batu alam diantaranya ada batu andesit, batu palimanan, batu paras jogja, batu pacitoroso, batu templek, batu koral, batu marmer dan batu alam lainnya.

Harga batu alam bisa lebih mahal daripada batu bata juga karena ketahanan dari batu alam lebih kuat. Baik tahan terhadap cuaca, terhadap air hujan, dan lebih kokoh juga. Jika batu bata tidak dilapisi adonan semen lagi, maka akan mudah keropos dan rusak. Tak jarang jika kita membiarkan batu bata terus-terusan terkena air hujan dan panas, maka akan cepat berubah warna menjadi hijau dan berlumut. Tingkat kekokohan dari batu bata pun akan menurun atau lebih gampang dihancurkan.

Memutuskan untuk menggunakan batu alam atau batu bata itu adalah pilihan. Tergantung selera dan ketebalan kantong yang kamu miliki. Sekian dulu beberapa alasan kenapa batu alam menjadi lebih mahal daripada batu bata. Semoga menambah referensi kamu 🙂

Website Lain CV. Sinergi Stone :

 Jualbatualam.net

– batupalimanan.com

– http://batuandesit.info

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
  • (BBM : D41249E8)
  • Email : sinergistone65@gmail.c1om

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami
Sponsored :  batu andesit