Pilihan Motif Batu Alam Andesit, Cocok Buat Gayamu!

Batu alam andesit terbentuk dari sejenis batuan beku ekstrutif, vulkanik, mempunyai komposisi menengah bertekstur afanitik sampai porfiritik. Batu ini diberi nama andesit karena berasal dari pegunungan Andes. Jaman dahulu, batu ini banyak digunakan sebagai bahan penyusun piramida, candi maupun bangunan-bangunan megalitik lainnya. Sedangkan di jaman sekarang, batu alam ini biasa digunakan sebagai nisan, cobek, arca, ataupun hiasan rumah maupun taman.

Batu alam andesit adalah salah satu ornamen hiasan rumah. Terutama bagi rumah dengan gaya minimalis dan luas tanah yang terbatas. Bentuknya yang terkesan natural membuat batu alam ini banyak digemari oleh para pemburunya. Desain minimalis yang dihadirkan mampu memberikan kesan ringan namun tetap cantik.

Selain bisa diaplikasikan pada dinding, batu alam juga bisa digunakan sebagai hiasan taman rumah. Terlebih lagi jika taman rumah itu dibangun dengan luas tanah yang tidak begitu luas. Dengan adanya batu alam andesit ini taman bisa terlihat cantik meskipun dibuat dalam bentuk miniatur sekalipun.

Jaman dahulu batu alam hanya digunakan oleh rumah dengan gara modern kontemporer. Namun seiring berkembangnya dunia arsitektur, batu alam juga diplikasikan untuk hunian dengan konsep minimalis yang terkesan natural dan tidak kaku.

Menurut jenisnya, ada beberapa jenis batu alam andesit Cirebon yang bisa dipilih untuk mempercantik ornamen rumah. Antara lain :

  1. Batu Beku

Batu ini biasa disebut dengan igneous rocks. Terbentuk oleh batuan mineral yang berasal dari pembekuan magma. Jika dilihat dari teksturnya, batuan beku ini ada dua jenis. Yaitu jenis plutonik dan vulkanik. Batu plutonik dibentuk dari pembekuan magma yang agak lambat. Sehingga terlihat mineral penyusunnya semakin besar. Sedangkan batuan vulkanik terbentuk dari pembekuan magma yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis plutonik. Seperti akibat letusan gunung berapi. Sehingga mineral penyusunannya terlihat lebih kecil.

Contoh batuan beku plutonik adalah granit, diorite, serta gabro. Sedangkan contoh batuan beku vulkanik adalah basal dan andesit yang sering digunakan sebagai ornamen hiasan rumah.

  1. Batu Sediment

Dalam ilmu geografi, batu sediment ini banyak disebut dengan istilah sedimentary rocks. Adalah jenis batu yang terbuat dari proses lithifikasi (pembatuan) dari sebuah proses erosi dan pelapukan hingga terjadi pengendapan. Sama seperti batuan beku, batu sediment juga dibedakan menjadi beberapa jenis. Yaitu sedimen kimia, sedimen klasik dan sedimen organik.

Batu sediment kimia dibentuk dari sebuah proses presitipasi dari larutan. Batu sediment jenis kimia ini biasa menjadi batu pelindung hidrokarbon dari migrasi. Contoh batu sediment kimia ini adalah batu garam dan anhidrit. Sedangkan batu sediment jenis klasik adalah batu sediment yang menjadi batuan penyimpanan hidrokarbon atau sebagai batu induk penghasil hidrokarbon. Contoh batu sediment klasik ini adalah batu pasir, batu lempung dan batu konglomerat.

Jenis batuan sediment yang terakhir adalah batu sediment organik. Sesuai namanya, batu sediment organik ini terbuat dari sisa-sisa makhluk hidup yang tergabung menjadi batuan induk atau batuan penyimpanan. Contoh batu ini adalah batu gamping terumbu.

  1. Batu Metamorf

Sesuai namanya juga, batu metamorf atau batuan malihan ini adalah sejenis batuan yang terbentuk dari proses perubahan temperatur yang menimpa bebatuan sebelumnya. Hasil dari proses perubahan temperatur ini adalah terbentuknya batubaru dengan struktur yang baru juga. Batuan-batuan awalnya terpapar panas dengan temperatur yang cukup tinggi sehingga menjadi magma. Setelah magma ini membeku, maka terbentuklah jenis batu baru yang dinamakan jenis batuan metamorf

Contoh dari batu ini adalah batu sabak yang terbentuk karena perubahan batu lempung, batu gamping yang berubah menjadi batu marmer serta batu kuarsit yang terbentuk karena perubahan batu pasir.

Setelah mengetahui jenis-jenis batu andesit, berikut ini ada beberapa motif batu alam andesit, berikut beberapa motif batu andesit yang bisa dipilih untuk mempercantik hunia sebuah rumah :

  1. Batu Andesit Alur Lurus

batu alam andesit alur lurus

Bentuknya yang sederhana namun simple membuat batu andesit alur lurus terlihat sangat elegant jika dipasang pada hunia rumah tipe minimalis modern. Dari sekian banyak motif, motif alur lurus ini adalah motif yang paling sederhana. Karena hanya berbentuk garia horizontal berupa legokan persegi panjang selebar batu.

Baca juga http://Jenis Batu Alam Motif Alur Yang Paling Sering Digunakan

  1. Batu Andesit Alur Catur

batu alam andesit alur catur

Sesuai namanya, batu alam andesit alur catur ini mempunyai tekstur seperti papan catur. Teksturnya adalah dua bentuk persegi yang saling sela berbeda pola. Yang satu bentuk timbul dan satunya lagi bentuk ombak dengan tekstur tenggelam dengan hasil pahatan.

  1. Batu Andesit Alur Napoli

batu alam andesit alur napoli

Hampir sama dengan batu andesit motif lurus. Bedanya, motif napoli ini adalah pengembangan dari motif alur lurus dengan pahatan yang menyerupai bentuk zig-zag. Untuk mempercantik motif ini, pada ujung pahatan dibentuk model segitiga yanh simetris. Sehingga terkesan lebih menarik lagi.

  1. Batu Andesit Alur Diagonal

batu alam andesit alur diagonal

Batu alam andesit alur diagonal ini biasa disebut dengan motif sinar matahari. Karena jika dilihat secara seksama, bentuknya sangat mirip dengan matahari yang sedang bersinar. Sinar ini terbentuk dari hasil pahatan batu berbentuk seperti ombak pada permukaan yang tenggelam.

Di tengah permukaan terdapat bentuk diagonal kecil-kecil yang menyatu membentuk sebuah batu pahatan diagonal yang besar. Motif ini sangat cocok digunakan pada hunian dengan konsep natural minimalis modern.

  1. Batu Andesit Alur Gelombang

batu alam andesit alur gelombang

Bentuk motifnya sangat unit dan natural. Berbentuk seperti anyaman bambu bergelombang dengan garis kecil pada tiap gelombangnya. Jika diaplikasikan pada dinding, maka seperti bangunan bilik yang terbuat dari batu alam. Sangat sesuai diaplikasikn pad rumah minimalis di daerah kota pegunungan dengan lahan yang cukup sempit

  1. Batu Andesit Alur Cacing

 batu alam andesit alur cacing

Motif ini hampir sama seperti motif alur lurus. Hanya dengan sedikit penambahan alur ombak kecil sehingga terlihat seperti cacing. Berselang-seling dengan antara alur lurus dengan alur cacing. Sangat sesuai jika diaplikasikan pada dinding taman minimalis baik yang ada  di depan maupun belakang rumah.

Demikian beberapa contoh motif batu alam andesit Cirebon yang bisa dipilih. Batu alam andesit ini tidak hanya bisa diaplikasikan pada  bentuk hunian rumah yang minimalis modern. Namun juga bisa diaplikasikan pada rumah dengan konsep futuristik. Tidak pula hanya bisa digunakan sebagai hiasan saja. Namun juga bisa digunakan sebagai dinding luar yang mendominasi bangunan.

Rumah mewah megah dengan luas bangunan yang lebar juga bisa diaplikasikan dengan menggunakan batu andesit. Dengan pilihan motif yang sesuai, rumah mewah dan luas bisa terlihat lebih berkarakter natural, teduh dan nyaman. Untuk bisa mendapatkan hunian cantik motif batu alam andesit, kita bisa mencoba bertanya pada seorang arsitek atau ahli desain rumah lainnya. Konsultasikan kira-kira motif batu andesit apa yang sesuai dengan model hunian yang ingin kita bangun. Agar sesuai dengan tema desain yang ingin ditampilkan.

Website Lain CV. Sinergi Stone :

 Jualbatualam.net

– batupalimanan.com

– http://batuandesit.info

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
  • (BBM : D41249E8)
    • Email : sinergistone65@gmail.c1om

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami
Sponsored :  batu andesit